5 Stadion Terbaik Indonesia


Stadion sepakbola merupakan elemen terpenting dalam pembinaan olahraga sepak bola. Bermain di stadion yang layak dengan standar internasional memiliki kelebihan tersendiri, selain kebanggaan, biasanya pemain dapat mengeluarkan kemampuan terbaik mereka di olah raga sepakbola. Berikut adalah 5 stadion terbaik di Indonesia:

1. Stadion Gelora Bung Karno
Stadion Utama Gelora Bung Karno adalah sebuah stadion serbaguna di Jakarta, Indonesia, yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepak bola tingkat internasional. Stadion ini dinamai untuk menghormati Soekarno, Presiden pertama Indonesia, yang juga merupakan tokoh yang mencetuskan gagasan pembangunan kompleks olahraga ini. Stadion ini berkapasitas sekitar 100 ribu penonton dan merupakan venue utama dalam penyelenggaraan event-event akbar sepakbola di Indonesia.


Stadion Gelora Bung Karno (sumber: blogspot)

2. Stadion Gelora Sriwijaya (Jakabaring)
Stadion Jakabaring merupakan stadion terbesar di pulau Sumatera. Stadion yang dibangun untuk persiapan Sumatera Selatan sebagai tuan rumah PON XVI 2004 ini merupakan base klub kebanggaan Sumatera Selatan, Sriwijaya FC. Tempat ini pernah digunakan sebagai tuan rumah pertandingan kualifikasi dan perebutan tempat ketiga Piala Asia 2007.

Stadion Gelora Sriwijaya (sumber: blogspot)

3. Stadion Mandala Papua
Stadion kebanggaan masyarakat Papua ini baru saja selesai direnovasi. Hal ini dilakukan sebagai syarat dari AFC jika tim Persipura ingin bertindak sebagai tuan rumah di Stadion Mandala Papua pada ajang Piala AFC. Renovasi stadion ini dikabarkan menghabiskan biaya hingga 27 miliar. Saat ini kapasitas stadion sudah meningkat menjadi 50 ribu tempat duduk dari sebelumnya 30 ribu tempat duduk.


Stadion Mandala Papua

4. Stadion Si Jalak Harupat
Si Jalak Harupat adalah suatu stadion olahraga yang berlokasi di desa Kopo dan Cibodas, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Nama Si Jalak Harupat diambil dari julukan salah seorang pahlawan nasional dari Bojongsoang, Bandung yaitu Otto Iskandardinata. Saat ini Stadion yang dikuasai Pemkab Bandung ini dijadikan base klub Persib Bandung. Stadion ini dibangun mulai Januari 2003 pada saat Kabupaten Bandung dipimpin oleh bupati Obar Sobarna. Selanjutnya diresmikan pada hari jadi Kabupaten Bandung ke 364, tanggal 26 April 2005 oleh Agum Gumelar yang menjabat sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Pusat.


Stadion Si Jalak Harupat (sumber: blogspot)

5. Stadion Kanjuruhan Malang
Stadion Kanjuruhan adalah stadion sepak bola yang terletak di Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur atau sekitar 26 kilometer dari pusat kota Malang. Stadion Kanjuruhan dibangun sejak tahun 1997 dengan biaya lebih dari 35 miliar. Tanggal 9 Juni 2004, stadion ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri, saat pembukaan digelar pertandingan kompetisi Divisi I Liga Pertamina Tahun 2004, antara Arema melawan PSS Sleman. Stadion ini memiliki kapasitas kurang lebih 35.000 penonton.(**)


Stadion Kanjuruhan Malang (sumber: blogspot)

Sumber: Dari berbagai sumber, 2011 and Uniknya.com

0 comments:

Post a Comment

 

Copyright 2011. Photo Manipulation | Serba Serbi Google | Translate | Design by Catalog-Tutorial